Ukuran Kertas F4 Standar

  • Whatsapp

Pada saat Anda ingin mencetak sebuah tulisan, gambar, ataupun yang lainnya, banyak pilihan ukuran kertas yang bisa digunakan. Mulai dari A4, Letter, F4, dan lain sebagainya. Pemilihan kertas ini, tentunya disesuaikan dengan dokumen yang akan dicetak.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas ukuran kertas F4. Ukuran kertas yang satu ini, biasa digunakan dalam dunia percetakan di beberapa negara Asia Tenggara khususnya di Indonesia. Jadi, tidak jarang Anda akan menemuinya di tempat percetakan dan photocopy.

Standar Ukuran Kertas

Standar Ukuran Kertas

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa ukuran kertas memiliki standar ISO. Seperti halnya kertas seri A, B, C, dan juga R. Bahkan standar ISO ini juga mempunyai ukuran turunan, contohnya kertas berukuran A0, A1, A2, A3, A4, A5, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kertas jenis F4 ini tidak mempunyai turunan. Jadi tidak heran ketika Anda ingin mencetak dokumen di Microsoft Word dan Excel, tidak bisa menemukan opsi untuk ukuran kertas F4. Jangkan MS Word dan Excel, bahkan aplikasi pengolah gambar seperti Corel tidak menyediakan ukuran kertas ini.

Munculnya ukuran kertas F4 ini, disebabkan karena banyaknya permintaan pasar. Sehingga ukuran kertas ini tidak masuk dalam daftar ukuran kertas yang disediakan pada sistem aplikasi.Oleh sebab itu, Anda perlu menuliskan ukurannya secara manual jika ingin menggunakan ukuran F4.

Berapakah Ukuran Kertas F4?

Biasanya kertas F4 ini juga sering disebut dengan kertas folio, walaupun sebenarnya ukuran dari kedua kertas tersebut berbeda. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa ukuran dari kertas F4 dalam satuan ukuran cm, mm, inch, dan pixel.

  • Satuan cm (centimeter) : 21,5 cm x 33 cm
  • Satuan mm (millimeter) : 215 mm x 330 mm
  • Satuan inch (inci) : 8,5 inch x 1 inch

Sedangkan untuk ukuran F4 dalam satuan pixel sedikit berbeda dengan pengaturan dengan menggunakan satuan cm, mm, dan inch. Dalam satu pixel, besar kertas tergantung pada besarnya DPI yang digunakan. Untuk menyesuaikan lebar dan tinggi kertas F4 dengan DPI, berikut penjelasannya.

  • F4 – 72 DPI : 595 pixel x 985 pixel
  • F4 – 96 DPI : 793 pixel x 1247 pixel
  • F4 – 150 DPI : 1240 pixel x 1948 pixel
  • F4 – 300 DPI : 2481 pixel x 3897 pixel

Meskipun sudah ada patokan ukuran pada kertas F4 seperti yang ada di atas, namun ada produsen kertas yang memproduksi kertas F4 dengan ukuran yang sedikit berbeda. Yakni F4 dengan ukuran 21,6 cm x 33 cm dan 21 cm x 33 cm. Perbedaannya tentu tidak jauh, karena hanya selisih 0,5 cm hingga 0,6 cm saja.

Dapat dikatakan bahwa berbeda produsen maka ukuran kertas yang digunakan juga akan berbeda. Namun ukuran yang paling umum digunakan adalah 21,5 cm x 33 cm. Itulah ukuran standar untuk kertas F4 yang biasa dijumpai di pasar Indonesia.

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika kertas F4 ini juga sering disebut dengan kertas folio atau HVS folio. Tentunya Anda sudah tahu kan, jika kertas folio etrsebut ada dua jenis, yakni kertas folio bergaris dan kertas polos.

1. Kertas Folio Bergaris

Kertas Folio Bergaris

Kertas folio bergaris merupakan kertas dengan ukuran folio (F4) yang terdapat garis-garis tipis di permukaannya. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan tulisan tangan atau secara manual.

2. Kertas Folio Polos (kertas HVS)

Kertas Folio Polos kertas HVS

Sedangkan untuk kertas folio polos atau HVS, merupakan kertas folio (F4) yang benar-benar polos, alias tanpa adanya garis bantu untuk menulis. Jenis kertas ini umumnya digunakan untuk print dokumen, print gambar, dan juga fotocopy.

Cara Setting Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Pada saat Anda mengetik di Microsoft Word dan ingin menggunakan kertas berukuran F4 pada saat mencetaknya, alangkah lebih baik jika menyeting ukurannya terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah proses print dokumen.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengatur ulang dan menyesuaikan settingan di setiap halaman karena ukuran kertas yang digunakan saat mengetik berbeda antara satu halaman dengan halaman yang lain. Nah, berikut cara untuk setting ukuran kertas menjadi F4 di Microsoft Word.

  • Pertama buka aplikasi Microsoft Word atau file yang akan diedit di PC atau laptop Anda.
  • Setelah itu, klik pada menu Page Layout, dan pilih menu bertuliskan Size.
  • Perhatikan menu dropdown yang keluar, lalu klik pada menu yang ada di bagian bawah yakni More Pages Sizes.

Perhatikan menu dropdown yang keluar, lalu klik pada menu yang ada di bagian bawah yakni More Pages Sizes.

  • Kemudian pada menu baru yang muncul, isilah kolom height (tinggi) dan width (lebar) sesuai dengan ukuran F4 yang tadi sudah disebutkan. Jangan keliru memilih satuan panjang yang digunakan agar tetap sesuai.
  • Lalu pada bagian Apply to, pilihlah opsi Whole Document. Hal ini dilakukan supaya pengaturan ukuran kertas bisa diterapkan pada semua halaman yang ada di dokumen tersebut.
  • Jika sudah, klik saja tombol OK.

Jika sudah, klik saja tombol OK.

  • Selesai, ukuran kertas yang kini digunakan sudah menggunakan ukuran F4, dan Anda bisa langsung print dengan kertas F4 atau folio.

Cara Setting Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel

Jika Anda ingin mencetak dokumen dengan standar ukuran F4 di Microsoft Excel, maka cara untuk melakukannya adalah dengan mengubah ukuran kertas pada printer. Hal ini yang membedakan antara cara setting ukuran kertas di MS Word dan MS Excel.

Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu PC atau laptop yang Anda gunakan sudah terhubung dengan mesin printer terlebih dahulu sebelum mengatur ukuran kertasnya. Jika sudah, ikuti panduan yang ada di bawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Excel dan pilihlah tab Page Layout.
  • Setelah itu, klik tanda panah kecil di bagian kanan bawah kotak Page Setup.

Setelah itu, klik tanda panah kecil di bagian kanan bawah kotak Page Setup.

  • Pada jendela Page yang muncul, klik menu Options.
  • Kemudian pada bagian Printer Properties, klik opsi Quick Setup.
  • Lalu pilih opsi Custom pada menu Printer Paper Size.
  • Nah, pada bagian ini Anda bisa mengubah ukuran kertas menjadi F4 secara manual.
  • Jika sudah, klik OK.

Jika sudah, klik OK.

  • Jangan lupa untuk memastikan di bagian Printer Paper Size yang ada pada menu Printer Propertis sudah tertulis Custom.
  • Lalu klik OK
  • Tanda jika ukuran kertas telah berhasil diubah, yakni pada bagian Paper Size pada menu Page Setup terlihat kosong. Hal ini karena Anda telah mengubah ukuran kertas tersebut secara manual.
  • Terakhir klik OK dan Anda sudah bisa mencetak dokumen di Excel dengan kertas F4.

Cara untuk mengubah ukuran F4 di Excel ini hanya berlaku untuk satu sheet saja. Jadi apabila Anda ingin mencetak lebih dari satu sheet, maka harus mengulangi langkah langkah-langakah di atas. Selain itu, metode ini juga bisa diterapkan di aplikasi lain seperti Corel, Photoshop, dan lain sebagainya.

Selain berapakah standar ukuran kertas F4 yang biasanya digunakan, cara setting ukuran kertas menjadi F4 ini sering menjadi kendala. Jadi perhatikan setiap langkah yang telah dijelaskan agar tidak ada kesalahan pada saat Anda mencetak dokumen dengan kertas F4.

 

Lihat Juga :

Related posts