10 Game Strategi Offline PC Terbaik

  • Whatsapp

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika game berbasis strategi menjadi salah satu genre game yang sangat digemari oleh para gamers. Jenis game ini, mampu menawarkan konsep yang seru untuk dimainkan. Hal ini, karena terdapat fitur eksplorasi, pembangunan, pengumpulan sumber daya, dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda merupakan salah satu penggemar game jenis strategi, maka wajib mengetahui beberapa game strategi offline PC yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini. Untuk lebih jelasnya lagi, ikuti penjelasan yang akan diberikan sebagai berikut.

Rekomendasi Game Strategi Offline PC Terbaik

Untuk saat ini, jenis game strategi menghadirkan berbagai macam tema yang sangat menarik untuk dicoba. Seperti halnya petualangan, peperangan klasik, peperangan modern, fantasy, murni building, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, langsung saja berikut ini beberapa game strategi yang bisa Anda coba.

1. Halo Wars 2

Halo-Wars-2

Halo Wars 2 memiliki latar waktu pada tahun 2559. Di dalam game ini, terdapat dua faksi yang bisa Anda mainkan. Kedua faksi tersebut yakni The United Nations Space Command dari pihak manusia, serta The Banished dari pihak alien.

Setiap pemain wajib untuk membangun basis operasi dan juga mengumpulkan sumber daya yang nantinya akan digunakan untuk menghasilkan kendaraan tempur dan unit infantri. Ketika jumlah sumber daya sudah cukup, maka Anda bisa membangun pangkalan, menguasai wilayah, dan memperkuat pasukan.

2. Thronebreaker : The Witcher Tales

Thronebreaker-The-Witcher-Tales

Dalam game strategi offline PC yang bernama Thronebreaker : The Witcher Tales ini, Anda akan bermain sebagai Ratu Meve yang menjadi penguasa dari wilayah Rivia dan Lyria. Daerah kekuasaannya tersebut berada di wilayah Nilfgard yang sedang dalam bahaya karena invansi pihak musuh.

Nantinya, Anda memiliki tujuan untuk merebut wilayah tersebut dengan melawan pihak musuh dengan cara melakukan peperangan. Para pemain wajib untuk merekrut pasukan militer untuk terjun ke dalam medan peperangan dan juga mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertahankan moral dari para warganya serta membangun aliansi sehingga pertempuran bisa dimenangkan dengan lebih mudah. Game yang berbasis RPG ini, para pemain bisa mengeksplorasi peta untuk mengumpulkan sumber daya dan menjalankan berbagai macam misi.

3. The Banner Saga 3

The-Banner-Saga-3

Game yang satu ini menceritakan tentang dunia yang sedang diselimuti kegelapan yang menghantui kehidupan suatu ras bernama Varl. Varl merupakan ras menyerupai manusian dengan tanduk di kepala dan berbadan tinggi serta besar.

Sementara itu, Dredge yang merupakan rasa jahat mulai muncul menjadi kelompok yang menebar ancaman bahaya. Pada saat memulai permainan, Anda dapat memilih salah satu dari dua karakter yang bernama Alette dan Rook. Kemudian mengikuti kisah dari karakter yang dipilih.

4. Aven Colony

Aven-Colony

Aven Colony merupakan sebuah game dengan genre city-building strategy. Game yang dikembangkan oleh Mothership Entertainment ini, akan membawa Anda untuk berada di sebuah planet baru yang bernama Aven Prime.

Di dalam planet tersebut, Anda perlu membangun sebuah koloni yang beranggotakan para manusia dan membangun berbagai macam pusat kehidupan. Tempat yang dibangun, nantinya memiliki banyak fungsi seperti penyedia oksigen, budidaya makanan, rumah, dan pengembang sumber daya.

Selain bertugas dalam mengawasi seluruh jenis konstruksi, Anda juga akan dihadapkan pada ancaman berupa serangan dari berbagai ras alien yang disebut dengan Creep. Jadi, Anda perlu membangun struktur pertahanan yang tangguh agar tidak kalah dari musuh.

5. Civilization VI

Civilization-VI

Dalam game bernama Civilization VI ini, Anda perlu berupaya untuk membangun sebuah peradaban dan juga mempertahankannya dari semua tantangan yang ada. Setiap pemain bisa memimpin sebuah peradaban dari zaman baru sampai dengan zaman yang lebih modern.

Untuk mencapai tujuan dari game ini, maka para pemain dapat melakukannya dengan cara berperang, diplomasi, serta mengembangkan kebudayaan. Pemain juga bisa menciptakan kekuatan militer dan membangun teknologi agar bisa mendapatkan sumber daya yang kuat dan mumpuni.

6. 8-Bit Armies

8-Bit-Armies

8-Bit Armies merupakan sebuah game yang menggunakan pendekatan RTS atau real-time strategy dengan menampilkan permainan dengan gaya RTS klasik. Game yang dikembangkan oleh Petroglyph Games ini dirilis untuk konsol PC, Nintendo Switch, Xbox One, dan PlayStation 4.

Pada awal permainan, Anda akan memiliki sebuah gedung markas sederhana yang digunakan untuk memperluas pangkalan. Nah, pangkalan tersebut nantinya bisa digunakan untuk membangun berbagai macam unit militer untuk melawan setiap musuh.

Untuk sumber daya, dapat dikumpulkan melalui penggunaan truk minyak dan juga kilang. Setiap unit dibangun melalui menu yang bisa diklik pada bagian kanan layar. Game ini memiliki skenario kontemporer dengan menampilkan beragam senjata perang seperti tank, roket, dan artileri.

7. XCOM 2

XCOM-2

XCOM 2 adalah sekuel langsung dari pendahulunya yakni XCOM : Enemy Unknown yang telah dirilis di tahun 2012 lalu. Seri yang satu ini, memiliki latar waktu 20 tahun setelah kejadian di game pertama. Anda akan memiliki peran menjadi seorang komandan dari sebuah organisasi militer yang bernama XCOM.

Game ini bisa dimainkan melalui perspektif top-down. Selain itu, elemen pertarungannya juga menggunakan sistem turn-based strategy. Hal ini akan membuat pemain dapat memerintahkan semua pasukan militer untuk melawan alien dalam setiap permainan.

8. Northgard

Northgard

Seorang raja tertinggi Viking telah dibunuh dan benda miliknya yang bernama Regal Horn berhasil dicuri oleh seorang pria bernama Hagen. Kemudian cerita berlanjut dengan putranya yang bernama Rig dan temannya Brand, akan menelusuri benua Northgard untuk mencari si pelaku utama.

Dalam mode cerita tersebut, Anda akan dihadapkan dengan eksplorasi panjang yang penuh akan bahaya. Akan tetapi, ancaman yang sebenarnya bukan pada Hagen, melainkan banyaknya musuh yang datang seperti raksasa, monster serigala, dan juga prajurit mayat hidup.

Nortgard sendiri adalah sebuah game strategi yang memiliki cerita berdasarkan pada mitologi Nordik. Selain bermain pada mode cerita, Anda juga bisa mengontrol beberapa klan Viking untuk bersaing dalam menguasai benua Northgard.

9. Stronghold Crussader

Stronghold-Crussader

Sesuai dengan namanya Stronghold Crussader memiliki latar waktu ketika terjadinya perang salib. Jadi Anda akan menemukan raja-raja terkenal di jaman dulu seperti Lionheart, Saladin, Abbot, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terdapat beberapa mode yang bisa Anda mainkan dalam game yang satu ini. Seperti mode cerita dan juga mode custom. Sama seperti kebanyakan game strategi yang lain, selain memenangkan pertempuran, Anda juga akan menjadi seorang raja yang menghidupi setiap rakyat di kerajaan yang dimiliki.

10. Valkyria Chronincles

Valkriya-Chronincles

Dalam game ini, Anda akan dihadapkan pada sebuah permainan berbasis strategi militer. Nantinya pemain harus mengendalikan sebuah pasukan militer, dan mengontrol pasukan tersebut untuk mengambil alih daerah kekuasaan lawan serta melakukan misi penyelamatan.

Terdapat enam jenis personil militer yang mempunyai kemampuan berbeda seperti Lancers, Scouts, Snipers, Shocktroopers, Grenadiers, dan Engineers. Semua pasukan tersebut bisa Anda kendalikan secara bebas.

Mungkin masih ada banyak game strategi offline PC yang bisa Anda temukan. Namun 10 game yang sudah disebutkan di atas, adalah game dengan genre strategi yang paling direkomendasikan. Dijamin gameplay yang dihadirkan dari game-game di atas, terasa sangat seru dan mengasyikkan.

 

Lihat Juga :

Related posts