6 Cara Mengetahui Handphone/WA Disadap Orang Lain

  • Whatsapp

Tahukan Anda, jika saat ini WhatsApp telah aktif digunakan oleh lebih dari 1,5 miliar orang dan menjadi aplikasi messenger nomor satu di dunia? Selain menjadi media untuk berkomunikasi, kini pertukaran informasi juga kerap dilakukan melalui aplikasi messenger yang satu ini.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak pihak membuat software jahat dengan tujuan menyadap komunikasi pribadi melalui WhatsApp. Untuk itu, pastikan nomor WA Anda tetap aman dengan beberapa cara mengetahui handphone/WA disadap orang lain yang akan dijelaskan berikut ini.

6 Cara Mengetahui Handphone/WA Disadap Orang Lain

Ada beberapa cara mengetahui handphone/WA disadap orang lain yang bisa coba Anda lakukan. Sebenarnya jika Anda menemui salah satu hal yang nanti disebutkan, bisa saja itu karena adanya bug di WhatsApp. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan.

1. Tidak Dapat Melakukan Login Akun WA

Tidak-Dapat-Melakukan-Login-Akun-WA

Pada dasarnya, satu nomor telepon hanya dapat digunakan pada satu aplikasi WhatsApp saja. Hal ini biasa disebut dengan istilah single-device login. Jadi jika Anda sudah login WA ke dalam satu ponsel, maka tidak bisa login ke ponsel lain dengan nomor yang sama secara bersamaan.

Nah, apabila Anda keluar atau logout secara mendadak dari aplikasi WhatsApp tanpa disadari, perlu berhati-hati. Mungkin saja ada pihak lain yang mencoba memakai nomor telepon Anda untuk login ke aplikasi WhatsApp ke perangkat lain.

Padahal agar dapat login akun WA di sebuah perangkat, pihak WhatsApp biasanya akan meminta suatu kode one time password atau yang sering disebut OTP. Kode OTP tersebut, langsung dikirim ke nomor telepon yang bersangkutan.

Oleh karena itu, jangan pernah memberi tahu kode OTP kepada siapa pun. Selain itu, pastikan akun WA Anda menggunakan nomor telepon aktif yang masih terpasang di HP. Jika nomor HP yang digunakan sudah tidak aktif, maka segera hapus akun dan ganti dengan menggunakan nomor HP yang Anda miliki.

2. Mengecek Melalui WhatsApp Web

Mengecek-Melalui-WhatsApp-Web

WhatsApp Web adalah sebuah fitur dari WhatsApp yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses WhatsApp dengan menggunakan web browser di perangkat komputer atau laptop. Bagi para pengguna PC, fitur ini sangat krusial.

Namun di sisi lain, fitur ini rawan diretas atau disadap pihak lain. Jadi setelah menggunakan fitur WhatsApp Web, pastikan Anda telah logout akun dari web browser yang digunakan. Terutama jika penggunaan WA Web ini melalui PC atau laptop yang tidak bersifat pribadi. 

3. WhatsApp Tidak Bisa Digunakan Untuk Melakukan Panggilan

WhatsApp-Tidak-Bisa-Digunakan-Untuk-Melakukan-Panggilan

Menurut beberapa sumber, menyebutkan bahwa salah satu tanda jika akun WhatsApp telah disadap adalah tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Baik itu untuk panggilan suara maupun panggilan video.

Namun jangan terburu-buru, bisa jadi Anda tidak bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp ini dikarenakan adanya bug. Jadi cobalah menunggu selama beberapa saat. Jika benar-benar tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan dalam waktu lama, maka kemungkinan WA Anda telah disadap.

4. Mengirim Pesan Sendiri

Mengirim-Pesan-Sendiri

Apakah akun WA Anda tiba-tiba mengirim pesan sendiri ke nomor orang lain tanpa disadari? Hati-hati jika hal tersebut terjadi, karena kemungkinan besar akun WhatsApp yang mengirim pesan sendiri ini adalah tanda jika WA sedang disadap orang lain.

Tidak hanya kirim pesan berupa tulisan saja, orang yang menyadap WA juga bisa mengirimkan pesan berupa foto, video, hingga dokumen. Jadi waspadalah, jika tiba-tiba muncul room chat baru dengan nomor WA baru yang tidak Anda ketahui.

5. Pesan yang Terbaca Tanpa Dibuka

Pesan-yang-Terbaca-Tanpa-Dibuka

Hal lain yang menandakan bahwa akun WhatsApp telah disadap oleh pihak lain yakni adanya pesan yang sudah terbaca, padahal sebelumnya Anda belum membuka pesan tersebut. Pesan yang sudah dibaca ini, ditandai dengan dua centang berwarna biru. Namun dengan catatan jika fitur tersebut sudah diaktifkan.

Tapi jika Anda tidak mengaktifkan fitur tersebut, maka dapat melihat angka yang ada di obrolan. Jika pesan yang masuk telah dibaca, maka notifikasi berupa angka pada setiap obrolan yang sudah hilang. Ketika Anda belum membuka pesan dari suatu kontak namun notif sudah hilang, kemungkinkan WA telah disadap.

6. Akun WhatsApp yang Aktif Padahal Tidak Dibuka

Akun-WhatsApp-yang-Aktif-Padahal-Tidak-Dibuka

Pada saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, maka di bagian room chat nomor Anda di aplikasi WA teman akan tampil tulisan online. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp Anda sedang dibuka dan digunakan.

Lalu pernahkan melihat akun WhatsApp yang Anda miliki dalam keadaan online dari WhatsApp teman? Padahal Anda tidak sedang membuka aplikasi Whatsapp. Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan besar WA telah disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Karena notifikasi online tanpa aplikasi WA dibuka ini terkadang terjadi karena adanya bug. Namun jika sering terjadi dan tidak juga kembali normal, bisa saja akun WA Anda telah disadap.

Cara Menghentikan WA Disadap Orang Lain

Setelah mengetahui beberapa cara mengetahui handphone/WA disadap orang lain di atas, tentu saja Anda tidak bisa diam begitu saja. Kejadian tersebut harus segera ditangani agar tidak semakin parah. Untuk itu, berikut ini beberapa cara menghentikan WA yang disadap oleh orang lain.

1. Metode Mengeluarkan Dari Semua Perangkat

Seperti yang tadi telah dijelaskan, penggunaan WhatsApp Web ini sebenarnya memiliki resiko yang cukup tinggi. Jika Anda lupa belum mengeluarkan akun WA Web di laptop atau PC teman, maka segera lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP Anda.
  • Setelah itu, tap pada menu Setting dengan logo tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas aplikasi.
  • Kemudian pilih opsi WhatsApp Web.

Kemudian-pilih-opsi-WhatsApp-Web

  • Apabila Anda menemui akun WhatsApp tersebut telah login di perangkat yang tidak dikenali pada lokasi yang tidak diketahui pula, maka pilihlah opsi logout atau keluar dari semua perangkat.

Jika cara yang dijelaskan sebelumnya ditujukan bagi para pengguna smartphone Android, maka berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna iOS.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat Anda.
  • Setelah itu, pilih menu Settings yang ada di bagian kanan bawah aplikasi.
  • Kemudian tap pada opsi WhatsApp Web dan cek perangkat yang terhubung.

Kemudian-tap-pada-opsi-WhatsApp-Web-dan-cek-perangkat-yang-terhubung

  • Jika ada perangkat tidak dikenal yang terhubung, sebaiknya Anda langsung tap pada tombol logout dari semua perangkat.

2. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Jika metode sebelumnya merupakan cara menghentikan, maka metode kali ini adalah cara untuk mencegah akun WA disadap oleh orang lain. Caranya yakni dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Berikut tahapan-tahapan yang dapat dilakukan.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  • Setelah itu, buka menu Settings dan tap pada opsi Akun.
  • Kemudian pilih opsi Verifikasi Dua Langkah atau Two Factor Authentication.

Kemudian-pilih-opsi-Verifikasi-Dua-Langkah-atau-Two-Factor-Authentication

  • Aktifkan fitur tersebut, dan masukkan nomor
  • Terakhir, masukkan alamat email Anda beserta passwordnya.

Beberapa hal yang telah disebutkan di atas, belum tentu berarti akun WhatsApp Anda telah disadap. Mungkin hal ini terjadi karena adanya error atau bug pada dari WA. Namun tidak ada salahnya jika Anda menemui hal-hal tersebut, dan langsung melakukan penanganan segera.

 

Lihat Juga :

Related posts