7 Aplikasi Screen Recorder PC

  • Whatsapp

Aplikasi screen Recorder PC sering digunakan untuk menangkap gambar atau merekam aktivitas pada layar. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa membuat konten seperti tutorial atau sejenisnya.

Aplikasi yang digunakan untuk merekam layar ada cukup banyak. Jika Anda menggunakan PC jenis Windows, beberapa daftar di bawah ini mungkin bisa jadi rekomendasi. Simak baik-baik dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi Aplikasi screen Recorder PC

Tidak semua aplikasi yang dibahas di bawah ini cocok untuk PC yang kamu miliki. Untuk itu, baca dengan seksama dan pilih yang sesuai dengan spesifikasi komputer.

1. Movavi Screen Recorder Studio

Movavi-Screen-Recorder-Studio

Aplikasi screen Recorder PC pertama yang akan kita bahas disini adalah Movavi. Aplikasi ini tidak memiliki persyaratan yang cukup berat untuk PC yang akan memasangnya. Anda bisa menggunakannya meski RAM yang digunakan hanya 1 GB saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa melakukan perekaman layar secara penuh atau beberapa bagian saja. Ada fitur untuk mengatur berapa luas rekaman yang bisa dilakukan.

Saat perekaman, Anda juga bisa menggabungkannya dengan webcam dan juga microphone untuk merekam suara. Jadi, Anda bisa membuat semacam tutorial secara langsung tanpa melakukan dubbing terlebih dahulu.

Semua video yang tersimpan bisa langsung disunting dengan menggunakan aplikasi ini. Anda bisa menambahkan watermark agar video tidak diklaim oleh orang lain.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur untuk memotong, menyambungkan, atau menambahkan komponen animasi lainnya.

2. VideoProc

VideoProc

Aplikasi dengan nama  VideoProc ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satu yang cukup diunggulkan adalah kemudahan untuk membuat video dengan durasi yang panjang. Meski mengunduh versi biasa, Anda bisa membuat video dengan merekam layar tanpa ada batasan.

Setelah video selesai Anda buat, proses selanjutnya adalah melakukan pengeditan. Dengan menggunakan aplikasi yang sama goma Anda bisa menyunting video dengan menggabungkan atau memotong beberapa bagian yang tidak perlu. Selanjutnya, video bisa diberi subtitle.

Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan anda menggunakan PC dengan OS Windows atau MacBook keluaran baru. Untuk spesifikasi khusus seperti RAM, aplikasi ini cukup ringan sehingga tidak membutuhkan ukuran yang cukup besar. Minimal 2-3 GB saja cukup.

Kelebihan terakhir yang diberikan oleh aplikasi ini adalah mudahnya dalam menyimpan file. Setelah anda selesai melakukan penyuntingan, file video bisa disimpan ke berbagai format sesuai dengan kebutuhan. Proses konversi ke format lain juga lebih cepat karena aplikasi ini ringan.

3. Camtasia

Camtasia

Butuh aplikasi premium untuk menunjang pekerjaan? Camtasia adalah pilihan yang tepat. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus merogoh kocek hingga Rp2.000.000. Namun, fitur yang ditawarkan sangat lengkap sehingga harga itu sudah sangat pantas.

Kelebihan Camtasia dibandingkan dengan aplikasi lain yang ada di dalam daftar ini adalah fitur premium yang diberikan. Saat melakukan perekaman, Anda juga bisa menggunakan beberapa template agar hasilnya lebih maksimal.

Sebelum menggunakan aplikasi camtasia, pastikan menggunakan komputer atau pc yang spesifikasinya cukup tinggi. Aplikasi ini bisa digunakan dengan baik jika Anda menggunakan perangkat dengan RAM minimal 4 GB.

Selain itu, memori internal yang tersisa juga harus lega karena video yang dihasilkan akan besar ukurannya. Apalagi dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa melakukan penyuntingan secara langsung.

4. Bandicam

Bandicam

Ada dua jenis aplikasi bandicam yang bisa digunakan saat ini. Pertama ada aplikasi registered dan kedua adalah aplikasi unregistered. Keduanya bisa digunakan untuk melakukan perekaman dengan baik meski aplikasi yang teregistrasi fiturnya lebih lengkap.

Dengan menggunakan bandicam Anda bisa melakukan perekaman pada layar dengan durasi yang tidak dibatasi. Rekaman dengan webcam juga bisa dilakukan sehingga Anda bisa melakukan recording pada diri sendiri secara langsung.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada PC Windows aja. Untuk spesifikasi komputer yang bisa menggunakan tidak terlalu tinggi asal punya RAM 1GB saja sudah cukup. Selanjutnya video yang tersimpan pada PC bisa dipilih antara MP4 atau AVI.

5. CamStudio

CamStudio

Aplikasi bernama Camstudio studio ini berjenis open source atau bisa diunduh secara gratis. Semua fitur yang ditawarkan cukup premium termasuk menyimpan file video dengan kualitas HD. Dengan kualitas ini anda bisa dengan mudah melakukan penyuntingan sesuai dengan kebutuhan.

Fitur yang ditawarkan oleh trans studio cukup banyak salah satunya adalah kemampuan untuk menambahkan teks atau caption. Nisa saat anda melakukan perekaman tutorial teks bisa ditambahkan agar orang yang melihat video bisa lebih jelas dan tidak bingung dengan kesalahan ucap.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda disarankan untuk menggunakan komputer atau PC dengan RAM minimal 1 GB.

Selain itu jenis sistem operasi yang digunakan minimal adalah Windows XP 32 bit. Lebih baru dari ini cukup berkomunikasi kan Apalagi menggunakan prosesor diatas Pentium 4.

6. ShareX

ShareX

Satu lagi aplikasi jenis open source untuk melakukan perekaman layar pada PC atau komputer. Aplikasi bernama ShareX ini bisa digunakan untuk melakukan perekaman gambar atau video pada layar secara mudah. Apalagi memori yang dibutuhkan hanya 100 MB saja.

Jika anda ingin menggunakan aplikasi yang hanya bisa digunakan pada sistem Windows ini. Pastikan OST yang Anda gunakan minimal Windows 7 service pack 1. Apabila menggunakan Windows 8 atau 10 akan lebih baik lagi.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan perekaman dengan untuk layar yang bisa. Layar tidak harus berbentuk kotak atau persegi panjang. Anda juga bisa mengaturnya menjadi bentuk bulat, oval, atau bentuk lain yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

7. Free Screen Video Recorder

Free-Screen-Video-Recorder

Suka membuat konten tutorial untuk YouTube? Anda bisa menggunakan aplikasi screen Recorder ini untuk membuat konten dengan maksimal. Selain memiliki ukuran yang sangat kecil dan cocok untuk semua OST termasuk Windows XP. Aplikasi ini juga mampu merekam gambar dengan kualitas HD.

Saat melakukan perekaman Anda bisa melakukan highlight pada kursor yang digunakan. Jadi orang yang melihat tutorialnya bisa langsung tertuju pada kursor yang ada warnanya. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah saat melakukan penyuntingan video sebelum dibagikan.

Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk melakukan perekaman audio dengan memanfaatkan microphone. Jadi saat membuat tutorial Anda bisa langsung memberikan arahan tanpa harus melalui proses dubbing setelahnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Cukup mengunduh dari situs resminya, Anda bisa menggunakan semua fitur yang ditawarkan untuk membuat video secara profesional.

Aplikasi screen Recorder PC yang sudah dibahas di atas ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada yang premium. Umumnya aplikasi yang gratis memiliki beberapa batasan atau ada watermark pada video yang nantinya disimpan.

Sebelum memutuskan mana aplikasi yang bisa Anda gunakan, pertama-tama cek kondisi dari PC. Selanjutnya cek profil dari aplikasi apakah jenis komputer yang Anda gunakan cocok. Jika semuanya sudah sesuai, aplikasi bisa dipasang dan digunakan sesuai kebutuhan.

 

Lihat Juga :

Related posts